PENGANTAR PEMASARAN INDUSTRI
Sebelum mengetahui apa itu industri pemasaran mari kita bedah dulu satu persatumengenai pemasaran industri.
Pemasaran adalah suatu proses sosial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
Berbicara mengenai pemasaran tak lepas dari kebutuhan, keinginan serta permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan akan sebagian dari pemuasan dasar yang dirasakan atau disadari. Keinginan yaitu hasrat untuk memperoleh pemuas – pemuas tertentu untuk kebutuhan yang lebih mendalam. Permintaan adalah keinginan terhadap produk – produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membeli
Nah selanjutnya manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memperta hankan pertukaran dan hu bungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi
Pemasaran
industri adalah kegiatan yang memfasilitasi
terjadinya pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup
semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri.
Pemasaran
konsumen adalah
pemasaran barang dan jasa kepada individu keluarga dan rumah tangga. Pelanggan
membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi sendiri.
Perbedaan
Pemasaran Industri dengan Pemasaran Konsumen
Perbedaan
pemasaran industri dengan pemasaran kinsumen dapat dilihat dengan jelas
berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik pemasaran, karakteristik
pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan pembeli produk.
Pasar
industri adalah
semua organisasi yang memberi barang dan jasa untuk digunakan memproduksi
barang dan jasa lain yang akan di jual, disediakan atau di pasok keperusahaan
lain
Pasar
konsumen adalah
pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di maksud adalah semua
individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk
pemakaian pribadi.
Pembelian
Organisasional adalah
proses pengambilan keputusan oleh organisasi formal dalam menetapkan
kebutuhan produk, mengiden tifikasi menilai dan memilih berbagai alternatif
merek dan pemasok
Tiga
pasar organisasi :
pasar industri, pasar penjual kembali, pasar pemerintah
Pemasaran
Industri
Karakteristik
pasar:
terkonsentrasi secara geografis, pembeli relatif lebih sedikit
Karakteristik
produk:
kompleks
, customized
Karakteristik
promosi : personal
selling
Karakteristik
pelayanan:
sangat
mementingkan pelayanan, waktu pengiriman & ketersediaan
Karakteristik
harga:
lelang
kompetitif dan negosiasi
Perilaku
pembeli:
melibatkan
berbagai wi- layah fungsional, ke- putusan pembelian terutama didasarkan pada kinerja
Saluran
distribusi: lebih
langsung
Pemasaran
Konsumen
•
Karakteristik pasar: tersebar secara geografis, merupakan
pasar masal
•
Karakteristik produk:
lebih standar
•
Karakteristik promosi : lebih ke advertising
Karakteristik
pelayanan:
tidak
terlalu mementing-kan
pelayanan,
waktu pengiriman & ketersediaan
Karakteristik
harga:
list prices
& maximum retail price (MRP)
Perilaku
pembeli :
melibatkan angg.keluarga
keputusan pembelian lebih
didasarkan kebutuhan fisiologis/sosial/psikologis
Saluran
distribusi: tidak
langsung & berlapis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar