Kamis, 01 Oktober 2020

PENGANTAR PEMASARAN INDUSTRI

 PENGANTAR PEMASARAN INDUSTRI

    Sebelum mengetahui apa itu industri pemasaran mari kita bedah dulu satu persatumengenai pemasaran industri.

    Pemasaran adalah suatu proses sosial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan    dan inginkan dengan menciptakan, mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan    kelompok lainnya. 

    Berbicara mengenai pemasaran tak lepas dari kebutuhan, keinginan serta permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan akan sebagian dari pemuasan dasar yang dirasakan atau disadari. Keinginan yaitu hasrat untuk memperoleh pemuas – pemuas tertentu untuk kebutuhan yang lebih mendalam. Permintaan adalah keinginan terhadap produk – produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membeli

    Nah selanjutnya manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memperta hankan pertukaran dan hu   bungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi 

    Pemasaran industri adalah kegiatan yang memfasilitasi terjadinya pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri.

    Pemasaran konsumen adalah pemasaran barang dan jasa kepada individu keluarga dan rumah tangga. Pelanggan membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi sendiri.

 

setelah mengetahui pemasaran indutri dan konsumen, selanjutnya kita perlu memahami perbedaan antara keduanya ini


Perbedaan Pemasaran Industri dengan Pemasaran Konsumen

Perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran kinsumen dapat dilihat dengan jelas berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan pembeli produk.

Pasar industri adalah semua organisasi yang memberi barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang akan di jual, disediakan atau di pasok keperusahaan lain

Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir, yang di maksud adalah semua individu atau rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk pemakaian pribadi.

Pembelian Organisasional adalah proses pengambilan keputusan oleh organisasi formal dalam menetapkan kebutuhan produk, mengiden tifikasi menilai dan memilih berbagai alternatif merek dan pemasok

Tiga pasar organisasi :

pasar industri, pasar penjual kembali, pasar pemerintah


Pemasaran Industri

Karakteristik pasar: terkonsentrasi secara geografis, pembeli relatif lebih sedikit

Karakteristik produk:

                kompleks  , customized

Karakteristik promosi : personal selling

Karakteristik pelayanan:

sangat mementingkan pelayanan, waktu pengiriman & ketersediaan

Karakteristik harga:

lelang kompetitif dan  negosiasi 

Perilaku pembeli:

melibatkan berbagai wi- layah fungsional, ke- putusan pembelian terutama didasarkan pada kinerja

Saluran distribusi: lebih langsung

 

Pemasaran Konsumen

         Karakteristik pasar: tersebar secara geografis, merupakan pasar masal

         Karakteristik produk:

                lebih standar

         Karakteristik promosi : lebih ke advertising

 

Karakteristik pelayanan:

tidak terlalu mementing-kan

pelayanan, waktu pengiriman &    ketersediaan

Karakteristik harga:

list prices & maximum retail price (MRP)

 

Perilaku pembeli :

                melibatkan angg.keluarga

                keputusan pembelian lebih didasarkan kebutuhan fisiologis/sosial/psikologis

Saluran distribusi: tidak langsung & berlapis

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh perusahaan leasing dengan sistem financial dan operating

  Contoh perusahaan leasing dengan sistem financial dan operating Leasing adalah proses pembiayaan berbentuk pengadaan barang modal, baik ...